Gerakbudaya Bookstore PJ is closed on 26 and 27 December 2019 for our annual stocktake. We open as usual, 10AM to 7PM from 28 December onwards. For gerakbudaya.com orders made between 25 December 2019 and 1 January 2020,we will ship them beginning 2 January. If you have questions, please contact emarketing@gerakbudaya.com or WhatsApp +60 10-215 8342.

Batavia: Masyarakat Kolonial Abad XVII

Batavia: Masyarakat Kolonial Abad XVII
Author: Hendrik E. Niemeijer
New 450 pp.
Subjects: History & Biography, Indonesia
Condition: Good
Publisher: Komunitas Bambu
Published: 2012
Bagaimana kota Batavia dibangun dan gaya hidup serta perilaku kehidupan masyarakat di dalam serta sekitarnya pada abad ke-17? Buku ini memberikan jawaban komplet. Ditulis oleh sejarawan Henk Niemeijer yang tahunan berkecimpung dalam lautan arsip VOC dan hasilnya adalah sebuah perkisahan yang luas juga terperinci bagaimana orang-orang Belanda dalam waktu panjang secara gigih mengelola ragam etnis bangsa dengan aneka agama dan kepercayaan, serta perilaku juga gaya hidup penghuni Batavia dengan suatu sistem pengendalian sosial. Pergundikan, minuman keras, pelacuran, anak-anak terlantar, fakir miskin adalah beberapa masalah yang dianggap perlu dikendalikan, malah tak jarang untuk memaksakannya digunakan kekerasan, seperti pemaksaan mengikuti kursus agama kristen, hukuman rantai, penyambukan, dan gantung.

Namun, isi buku ini tak melulu merupakan riwayat praktik sadis Kompeni menangani aneka pelanggaran dan melukiskan berbagai norma beserta penyimpangannya, melainkan terurai pula kisah derai tawa keceriaan di serambi rumah-rumah, di warung-warung minum atau selama berpiknik dengan perahu di sepanjang kanal-kanal dan menikmati pertunjukan seni di Batavia. Ini adalah buku suka duka dunia Batavia abad ke-17, sebuah gambaran lincah tentang kehidupan rakyat jelata di dalam kota lama yang sohor disebut Oud Batavia dan lama sudah dilupakan.

Write a review

Note: HTML is not translated!
    Bad           Good
  • Product Code: 9786029625677 – Batavia: Masyarakat Kolonial Abad XVII
  • Availability: In Stock
  • RM48.00

Tags: Hendrik E. Niemeijer, Indonesia, Komunitas Bambu